Personal Selling, Promosi Penjualan, dan Publisitas


Personal Selling
            Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau menciptakan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.

Gambar: Proses Personal Selling
1.      Persiapan sebelum penjualan, yaitu tahap pertama yang mempersiapkan tenaga penjualan dengan memberikan pengertian tentang barang yang dijualnya, pasar yang dituju, dan teknik penjualannya.
2.      Penentuan lokasi pembeli potensial, yaitu tahap kedua yang menentukan lokasi dari segmen pasar yang menjadi sasarannya dan dari lokasi inilah dapat disusun sebuah daftar tentang calon pembeli yang potensial.
3.      Pendekatan pendahuluan, yaitu sebelum melakukan penjualan, penjual terlebih dahulu mempelajari semua masalah tentang calon pembelinya, serta perlu mengetahui tentang produk atau merek apa yang sedang digunakan dan bagaimana reaksinya.
4.      Melakukan penjualan, yaitu penjualan yang dilakukan bermula dari satu usaha unuk memikat perhatian calon konsumen, kemudian diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka dan akhirnya penjual melakukan penjualan produknya kepada pembeli.
5.      Pelayanan sesudah penjualan, yaitu suatu kegiatan penjualan sebenarnya tidak berakhir saat pensanan dari pembeli telah dipenuhi, melainkan masih perlu dilanjutkan dengan memberikan pelayanan atau service kepada mereka. Contohnya seperti garansi, reparasi, dan penghantaran barang.

Promosi penjualan
            “Promosi penjualan” merupakan istilah yang berbeda dengan istilah “promosi” meskipun sama-sama menggunakan kata “promosi”. Promosi penjualan hanya merupakan satu kegiatan dalam promosi.  Dalam promosi penjualan ini, perusahaan menggunakan alat-alat seperti: peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, contoh barang, dan sebagainya. Jadi, kegiatan tersebut dapat digunakan untuk mendukung kegiatan promosi yang baik.

Publisitas
            Publisitas hampir sama dengan periklanan. Publisitas merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Hal ini dapat kita jumpai pada media-media seperti surat kabar, majalah, televisi, dan sebagainya.

Sumber:

Swastha, Basu. dan Ibnu Sukotjo. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta, Oktober 1988.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar