Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan

 Sumber Daya Konsumen
Sumber daya konsumen merupakan sumber daya yang mempengaruhi konsumen dalam setiap melakukan pembelian produk barang ataupun jasa. Ada 3 macam jenis sumber daya konsumen diantaranya yaitu:
1.      1. Sumber Daya Ekonomi
                 Sumber daya ekonomi lebih dikenal dengan potensi ekonomi yang dapat diartikan yaitu segala sesuatu atau sumber daya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumber daya alam maupun sumber daya manusia dapat memberikan manfaat, bahkan dapat pula digunakan sebagai modal dasar pembangunan ekonomi yaitu dengan adanya keberadaan sumber daya alam seperti pohon-pohon di hutan, rumput di padang rumput, deposit air tanah, udara segar, dan sebagainya itu harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mendorong, mempercepat, dan menunjang proses pembangunan wilayah dan sementara itu peranan manusia atau sumber daya manusia diperlukan dalam konteks kegiatan pembangunan ekonomi. Maka pembangunan ekonomi wilayah akan semakin signifikan.

2.     2.  Sumber Daya Sementara
                      Saat ini waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Hal ini disebabkan karena banyaknya konsumen sudah mengalami kemiskinan akan waktu. Terdapat sumber daya kognitif produk yang dikategorikan menurut sifat waktu konsumen atau disebut dengan barang waktu (time goods), yaitu:
·         Barang yang menggunakan waktu seperti: Menonton TV, Tidur, Bermain, dll.
·         Barang pengehemat waktu, seperti: rice cooker, oven microwave, mesin cuci, blender, dll.

3.     3.  Sumber Daya Kognitif
                     Sumber daya kognitif yaitu skema tentang bagaimana seseorang mempersepsikan lingkungannya ke dalam tahapan-tahapan perkembangan, dimana seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental.

Pengetahuan
Pengetahuan konsumen adalah segala sesuatu hal yang berhubungan dengan informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk barang ataupun jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan konsumen terdiri dari 3 macam, diantaranya sebagai berikut:
1.      1. Pengetahuan Produk
                Pengetahuan produk adalah suatu kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur produk, harga produkdan kepercayaan mengenai produk.

2.     2.  Pengetahuan Pembelian
                           Pengetahuan pembelian yaitu dimana konsumen telah mengetahui letak mengenai suatu produk. Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut.

3.     3.  Pengetahuan Pemakaian
                         Pengetahuan pemakaian yaitu dimana konsumen telah mengetahui pemakaian produk tersebut karena telah dianggap suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk digunakan atau dikonsumsi dengan benar sehingga akan memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi pula. Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk.

Sumber:
            http://purnamasaridian22.blog.com/2012/12/30/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar