Berpikir dan Bernalar



            Berpikir adalah suatu proses dimana otak manusia mengolah dan menerjemahkan sebuah informasi yang memungkinkan seseorang dapat mempresentasikan gagasannya sebagai model yang efektif untuk mencapai  tujuan, rencana, dan keinginannya. Berpikir melibatkan kerja otak terhadap informasinya. Berpikir juga merupakan daya yang paling utama yang dapat membedakan antara manusia dan hewan yaitu manusia dapat berpikir karena manusia mempunyai bahasa, sedangkan hewan tidak. Berpikir biasanya dilakukan seseorang ketika muncul keraguan atau pertanyaan dalam menghadapai suatu permasalahan yang memerlukan pemecahannya. Berpikir mencakup banyak aktivitas mental. Contohnya yaitu seperti  berpikir disaat kita sedang memutuskan barang atau jasa apakah yang akan kita beli dan gunakan, berpikir disaat kita akan mencoba memecahkan suatu permasalahan, berpikir disaat kita akan membuat karya tulisan, artikel, jurnal, dan sebagainya.
            Bernalar adalah suatu kegiatan pikiran untuk menarik sebuah kesimpulan. Bernalar mempunyai 3 bentuk yaitu induktif, deduktif, dan abduktif. Induktif adalah suatu proses penarikan kesimpulan yang berlaku dari rangkaian kejadian yang bersifat khusus. Deduktif adalah suatu proses penarikan khusus berdasarkan hukum/pertanyaan yang berlaku umum. Abduktif adalah suatu proses penalaran yang terjadi dalam merumuskan suatu hipotesis berdasarkan kemungkinan terdapat korelasiantara dua atau lebih peristiwa yang telah diketahui sebelumnya. Menurut Sudarminta, penalaran adalah suatu penyempitan konsep berpikir. Maksudnya ialah kegiatan berpikir sesuai dengan asas kelurusan berpikir atau sesuai dengan hukum logika. Logika dapat diartikan sebagai ilmu kecakapan untuk berpikir lurus.Kegiatan bernalar merupakan aspek penting dalam proses berpikir.
Dapat dilihat dari definisi di atas bahwa berpikir dan bernalar berbeda. Berfikir memiliki arti yang lebih luas dari sekedar bernalar. Perbedaan berpikir dan bernalar yaitu berpikir  merupakan ciri utama bagi manusia untuk membedakan antara manusia dan mahkluk lain, secara mental berjerih payah untuk memahami sesuatu yang dialami atau mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi,  berfikir juga merupakan daya yang paling utama yang mempunyai ciri khas yang dapat membedakan manusia dan hewan yaitu manusia dapat berfikir karena manusia mempunyai bahasa, sedangkan hewan tidak. Bernalar adalah suatu proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan.  Bernalar mempunyai tahapan-tahapan  diantaranya yaitu mengerti, memutuskan, dan menyimpulkan. Mengerti adalah tahap dimana seseorang memahami segala aspek dari objek yang diamati, memutuskan adalah tahap menetapkan kesimpulan sementara berdasarkan fakta-fakta yang ada, dan menyimpulkan adalah tahap memberikan kesimpulan yang pasti mengenai objek yang diamati setelah fakta-fakta yang ada diuji kembali kebenarannya. Bernalar sebagai bukti bahwa kita mampu mengambil kesimpulan yang lurus.

Sumber:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimalasihh

Posting Komentar