Kepribadian, Nilai, dan Gaya Hidup

Kepribadian
            Kepribadian merupakan karakteristik dari watak seorang individu yang konsisten yang mendasari perilaku individu. Kepribadian meliputi kebiasaan, sikap, dan sifat yang khas dimiliki oleh seseorang yang berkembang jika adanya hubungan dengan orang lain. Faktor-faktor seperti biologis dan psikologis merupakan dasar pokok dari perilaku individu. Ada beberapa segi dari kepribadian yang salah satunya adalah diri pribadi (self) atau citra pribadi.

Nilai
            Nilai merupakan sebuah konsep yang abstrak yang selalu terkait dengan benda, barang, orang, atau hal-hal tertentu. Benda, barang, orang, atau hal-hal tertentu dianggap memiliki makna dan manfaat apabila adanya pengkaitan nilai dengan hal-hal tertentu. Seperti benda purbakala yang memiliki nilai guna bagi generasi penerus untuk mengetahui sejarah di masa lampau, video tape recorder yang susah didapatkan lagi di pasaran kini tergantikan dengan adanya VCD, dan sebagainya. Dengan demikian nilai adah sebuh prinsip, tujuan, atau standar sosial yang dipertahankan oleh seseorang atau sekelompok orang karena mengandung makna tertentu.

Gaya Hidup
·        1.  Menurut Plummer (1983)
  Gaya hidup adalah cara hidup individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu       mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka     pikirkan tentang dunia sekitarnya.
·         2. Adler (dalam Hall & Lindzey, 1985)
 Gaya hidup adalah hal yang paling berpengaruh pada sikap dan perilaku seseorang dalam hubungannya dengan 3 hal utama dalam kehidupan yaitu pekerjaan, persahabatan, dan cinta.
·         3. Sarwono (1989), menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi gaya hidup adalah konsep diri.
·         4. Kotler (dalam Sakinah, 2002)
  Gaya hidup yaitu menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya.
·         5. Susanto (dalam Nugrahani, 2003)
  Gaya hidup adalah perpaduan antara kebutuhan ekspresi diri dan harapan kelompok terhadap seseorang       dalam bertindak berdasarkan pada norma yang berlaku.
Amstrong (dalam Nugraheni, 2003) menyatakan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup seseorang yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
·         1.  Faktor Internal
-          Sikap,
-          Pengalaman dan pengamatan,
-          Kepribadian,
-          Konsep diri,
-          Motif, dan
-          Persepsi.
·         2.  Faktor Eksternal
-          Kelompok referensi,
-          Keluarga,
-          Kelas sosial, dan
-          Kebudayaan.

Sumber:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar