Softball

Softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Softball lahir pada tahun 1887 di Amerika Serikat yang diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago. Permainan softball hampir sama dengan baseball, namun cara lemparannya saja yang berbeda (pitching) oleh masing-masing pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yaitu pemukul bola (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). di dalam sebuah game terdapat dua kategori yaitu regu yang berjaga (defensif/home) dan tim yang memukul (ofensif/visit). Tiap tim berlomba-lomba mengumpulkan angka sebanyak-banyaknya (run) dengan cara memutari tiga base sampai menyentuh base akhir atau yang sering disebut dengan home plate. Permainan ini terdiri dari 9 orang pemain yaitu sebagai berikut:

  • Infield
1. Pitcher
2. Catcher
3. First base
4. Second base
5. Third base
6. Shortstop
  • Outfield
7. Left
8. Center
9. Right

Terdapat tiga tipe permainan softball di dunia yaitu fast pitch softball, modified pitch softball, dan slow pitch sofball. Namun yang sering dimainkan dalam pertandingan hanya fast pitch dan slow pitch saja. Dengan mendengar kata fast dan slow saja, kita dapat mengartikan permainan softball tersebut. 

Untuk para pemula, pertama kita diperkenalkan apa saja peralatan yang digunakan ketika bermain. 
1. Glove

2. Batting glove

3. Bat

4. Ball
Serta diberitahu juga zona strike dan ball ketika kita menjadi seorang batter yang berdiri di atas home plate. Zona strike adalah dimana bola yang sudah dilempar oleh seorang pitcher berada diantara lutut hingga siku, maka bola tersebut wajib untuk dipukul. Sedangkan zona ball adalah dimana bola yang sudah dilempar oleh seorang pitcher berada diantara kaki hingga lutut dan siku hingga kepala, maka bola tersebut tidak wajib untuk dipukul (boleh diabaikan) dan tidak lupa di tiap pertandingan terdapat beberapa wasit yang disebut umpire.
Di bawah ini adalah contoh lapangan softball:



Semoga informasi ini dapat berguna bagi yang berminta untuk bergabung dalam permainan olahraga softball ini. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar